RESENSI BUKU NARASI DUA BELAS
Bagikan ke

Judul buku       : Narasi Dua Belas (Kumpulan Puisi dan Cerpen Redemptoris Tingkat I)

Pengarang        : Benediktus U. Nono, Fransiskus T Kelen, Chrispinus E. Kellen, Eduardus B. Lewuk, Venansius G. Sogen, Dominikus M. Bulu, Don Lorenzo Jaga Kellen, Romianus D. Sabon, Christaian R. Siku, Plasidus Buu, Fransiskus L. Atamuking, Handrianus S. Ra’ang, Yohanes Paulus  Tukan, Agustinus Snawi Poety Peuuma,  Bernardus Ignasius Dalo Liman.  

Penerbit           : Lingkarantarnusa

Tahun Terbit    : Tahun 2018

Jumlah Halaman : 133 Halaman

No ISBN          : 978-602-6688-51-4       

Narasi Dua Belas merupakan kumpulan Puisi dan Cerpen karya empatbelas calon penyair Frater tingkat I di Biara Wisma Sang Penebus Yogyakarta yang saat ini tengah membumi di dunia Sastra. Buku yang dikemas dengan sampul aroma kerohanian  ini terdiri dari Sembilan Cerita Pendek (cerpen) dan tigapuluhempat kumpulan Puisi sederhana yang penuh pemaknaan. Buku pertama dari para Frater tingkat I ini merupakan sebuah bukti kecintaan mereka terhadap pilihan-pilihan hidup membiara serta mengikuti panggilan secara total.

Berbagai latar belakang kisah kehidupan, percintaan, perjuangan, pengorbanan, dan  keiklasan dibalut dengan kisah-kisah inspiratif yang membangun persaudaraan, persahabatan hingga perpisahan yang tak berujung. Segala gambaran perasaan dilukis begitu sederhana dan indah sampai rupa Tuhan dalam doa begitu nyata ketika cerpen-cerpen ini sampai ke kacamata pembacanya.  Kedewasaan pengarang menciptakan karakter lewat pemilihan  diksi   berupa goresan kata indah pada setiap narasinya merupakan kata-kata sederhana dengan penghayatan panjang oleh para Frater sebelum pada akhirnya termuat dalam buku ini.  

Narasi Dua Belas merupakan buku gendre Sastra yang sangat memotivasi kehidupan kaum remaja dan dewasa  pada masa kini. Pasalnya dalam penafsiran konflik cerita dan pemilihan kosa katanya sangat menggambarkan situasi dan konflik batin kebanyak remaja saat ini. Melalui perjuangan panjang Para Frater mengkolaborasikan segala konflik batin dan kesederhanaan hidup mereka maka lahirlah untaian puisi-puisi yang mewakili perasaan untuk dipahami, tentang bagaimana pahitnya perjuangan sampai pada titik ini, bagaimana proses pengorbanan dalam waktu yang lama sampai terjawab oleh kekuatan doa dan cinta, bagaimana menjadi satu tubuh yang berjiwa mengasihi lebih dari satu tubuh. 

Keunikan dan keistimewahan buku ini adalah dilengkapi dengan cerita pendek (cerpen) yang mengulas kehidupan pribadi para Frater dan juga  suara hati yang termuat dalam kumpulan puisi pendek yang mudah dipahami, sebagai salah satu bentuk pembelajaran bagi kita semua dan juga bagi para orang tua. Kumpulan cerita dalam buku Narasi Dua Belas ini seolah-olah menjadi sebuah harapan dan pengakuan kepada para orang tua terhadap pilihan hidup membiara oleh para Frater.

Buku ini layak dibaca oleh semua kalangan remaja, dewasa dan orang tua. Sebab tidak di antara kita semua mengerti betul akan kehidupan para Frater dalam menempuh perjuangannya, baik itu dalam kehidupan membiara,  keluarga, percintaan dan pelayanan mereka.  Kelebihan dari buku Narasi Dua Belas ini adalah dari segi karakteristik penggamabran tokoh dalam cerpen sangat mudah dimengerti oleh pembaca, pemilihan kata-katanya pun mudah dicerna oleh pembaca baik itu remaja, dewasa maupun orang tua, saja-sajak dalam puisinya pun sangat sarat  maknanya jelas tersirat.

Kelemahan dari buku ini berupa kurangnya illustrator yang mewakili cerita-ceritanya,  kesalahan penulisan  (typo) yang kurang diperhatikan oleh editor, beberapa ungkapan bahasa Asing yang tidak dimiringkan sebagai pembedaan atas bahasa, bahasa-bahasa yang digunakan pada  cerpen kurang ber-aroma  Sastra sehingga bias membuat pembaca jenuh. Sebagai Kesimpulan akhir, selamat membaca Narasi Dua Belas ini karena banyak nilai-nilai kehidpan yang dapat dipetik dari perjalanan para Frater yang dituang dalam kisah-kisahnya.  

Penulis  – Fani Stefani Haban

Penyunting – Agustinus I. M. Ola

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *