ASAL MULA NAMA GUDEG JOGJA
Bagikan ke

Sinungnews – Pada zaman Kerajaan Mataram, suatu hari prajurit Kerajaan Mataram melakukan perjalanan ke ibu kota Kerajaan Mataram. Perjalanan untuk dapat sampai ke sana, menempuh waktu berjam-jam dan melewati hutan-hutan. Setelah berjam-jam perjalanan, para prajurit merasalapar. Sayangnya, bahan makanan yang mereka bawa telah habis. Akhirnya, para prajurit berhenti sejenak untuk beristirahat sambil memikirkan sesuatu yang kiranya bisa mereka makan.

Tidak jauh dari tempat mereka beristirahat seorang kepala prajurit melihat ada pohon nangka dan ternyata di hutan itu ada pula pohon kelapa. Kepala prajurit tersebut akhirnya memberitahukan kepada prajurit lainnya untuk membantu dirinya mengambil nangka dan kelapa yang ada untuk dimasak dan dijadikan makanan. Kepala prajurit bersama prajurit-prajuritlainnya bergotong  royong saling membantu mempersiapkan alat dan bahan yang mereka perlukan untuk memasak nangka dan kelapa tersebut.

Para prajurit memasak dengan alat seadanya yang mereka temukan di hutan. Mereka memasak nangka itu dicampur dengan sari-sari dari kelapa yang sudah tua. Nangka dan sari-sari dari kelapa diaduk terus hingga matang. Saat sedang memasak, seorang prajurit member nama masakan itu “Gudeg”. Nama gudeg berasal dari kata gori diudheg. Gori adalah nangka dalam bahasa Jawa dan udheg adalah aduk dalam bahasa Jawa. Prajurit tersebut terinspirasi dari bahan makanan yang berasaldarigori (nangka) dan cara memasaknya yang diudheg (diaduk).

Sejak saat itu hingga sekarang makanan dari nangka dan santan itu disebut gudeg. Namun, saat ini gudeg memang mengalami beberapa perubahan. Mulai dari tambahan bumbu dan bahan lain sebagai campurannya. Hebatnya, saat ini gudeg menjadi makanan khas jogja yang digemari warga jogja bahkan para turis dari luar negeri.

Penulis – Stefani B. Haban

Penyunting – Agustinus I. M. Ola

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *